-->

Rindu Rinjani? Bukit Pergasingan Ini Bisa Jadi Alternatif

Gempa bumi sempat mengguncang Lombok dalam pertengahan 2018. Dampaknya, poly objek wisata di pulau seribu Masjid mengalami kelumpuhan. Tak terkecuali Rinjani. Bagi kalian yg sudah rindu Rinjani, Bukit Pergasingan pada tempat Sembalun sanggup jadi cara lain .

Pemandangan surya terbenam di Bukit Pergasingan (c) Rosita/Travelingyuk

Gunung barah tertinggi kedua di Indonesia tadi hingga sekarang masih belum bisa didaki. Jalur pendakian menuju zenit Rinjani mengalami kerusakan parah dampak gempa. Namun jangan khawatir Teman Traveler, wisata Lombok satu ini tak kalah cantik, kok.

Berjarak Dua Jam dari Mataram

Kawasan Sembalun dilingkupi bukit (c) Rosita/Travelingyuk

Kawasan Sembalun bisa ditempuh pada waktu kurang lebih 2 jam menurut pusat Kota Mataram. Akses menuju daerah ini dapat dibilang relatif baik, mengingat Sembalun adalah pintu gerbang menuju Gunung Rinjani. Panorama sekitarnya juga super manis, lantaran dilingkupi oleh deretan bukit.

Deretan bukit di kawasan Sembalun memiliki keindahan khas & memukau. Bukit Nanggi, Pergasingan, dan Anak Dara merupakan 3 menurut beberapa bukit cantik pada wilayah sini. Pergasingan sendiri kerap jadi primadona pada kalangan wisatawan. Perjalanan menuju sana bisa dimulai berdasarkan Desa Sembalun Lawang, dilanjutkan menggunakan berjalan kaki menuju pintu rimba pendakian Pergasingan.

Tak butuh Waktu Lama untuk Sampai Puncak

Pemandangan matahari terbenam berdasarkan dalam tenda (c) Rosita/Travelingyuk

Bukit Pergasingan konon dulunya dijadikan sebagai lokasi bermain gasing oleh rakyat Sembalun. Gasing sendiri adalah salah satu permainan tradisional masyarakat Lombok.

Menjulang setinggi 1.670 mdpl, posisi Pergasingan berada pada sisi timur bahari Gunung Rinjani. Walau tak dengan tinggi Rinjani, panorama yang disuguhkan nir kalah menakjubkan. Bisa dijadikan pelipur lara sembari menanti jalur pendakian menuju Rinjani dibuka pulang.

Meski medan pendakian di sini relatif mudah, pemandangan yg ditawarkan lumayan majemuk. Mulai dari persawahan dengan aneka macam corak warna, pemukiman warga menggunakan perbukitan di sekelilingnya, sampai Gunung Rinjani. Ya, dari zenit Pergasingan kalian mampu menyaksikan betapa gagahnya Rinjani.

Dibandingkan menggunakan proses pendakian Gunung Rinjani, bepergian menuju zenit Pergasingan lebih singkat. Kira-kira hanya butuh ketika 2 jam sebelum sanggup sampai di tujuan. Cukup ideal untuk dijajal para pendaki pemula.

Mengagumi Gagahnya Rinjani

Gagahnya Rinjani ditinjau dari Bukit Pergasingan (c) Rosita/Travelingyuk

Pasca ditutupnya jalur pendakian Rinjani, harus diakui banyak pendaki yg mulai rindu menggunakan gunung api tertinggi ke 2 Indonesia tadi. Hingga goresan pena ini dibentuk, belum terdapat lepas pasti kapan pendakian bakal dibuka balik . Padahal gunung setinggi tiga.726 mdpl ini kerap sebagai magnet yg seolah tak pernah berhenti menarik wisatawan nusantara maupun mancanegara tiba ke Lombok.

Sembari menunggu, Bukit Pergasingan mampu jadi cara lain . Apalagi bagi Teman Traveler yg tak punya poly saat buat mendaki. Begitu sampai pada puncak Pergasingan, kalian bisa dengan puas mengagumi keindahan Rinjani. Panorama lain yang tersaji di sekitarnya jua tidak kalah menarik.

Warna-warni persawahan pada Sembalun

Persawahan menggunakan corak warna-warni di Pergasingan (c) Rosita/Travelingyuk

Satu lagi yang unik saat mendaki Bukit Pergasingan adalah pemandangan hamparan petak sawah dengan corak warna beragam. Panorama unik ini sanggup ditinjau menggunakan jelas lokasi mendirikan tenda. Teman Traveler bakal dibentuk takjub melihat kombinasi warnanya yang tampak padu.

Di sini Teman Traveler pula sanggup memahami bahwa sawah tidak selalu identik menggunakan hijau. Spot juga kerap jadi favorit para pendaki. Bagi mereka yang mengunjungi Pergasingan, pemandangan ini jadi galat satu momen tidak boleh terlewat buat diabadikan.

Itulah sekilas ulasan tentang Bukit Pergasingan. Bisa jadi alternatif selagi jalur pendakian Gunung Rinjani masih ditutup. Yuk Teman Traveler, segera rencanakan liburan kalian menuju sini.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter