-->

Beijing Daxing International Airport Bandara Baru Tiongkok yang Mirip Kapal Luar Angkasa

Tiongkok dikenal punya bangunan-bangunan menakjubkan. Seperti jembatan kaca, skyscraper dengan air terjun buatan, sampai gedung seni yg mampu mobilitas. Masih terdapat lagi! Beijing Daxing International Airport yang akan dibuka akhir tahun ini pun punya bentuk unik. Penasaran? Yuk, disimak ulasan berikut.

Bentuk Bangunan Seperti Pesawat Luar Angkasa

Bentuknya Mirip Kapal Luar Angkasa via Instagram @therapidfans
Bentuknya Mirip Kapal Luar Angkasa via Instagram @therapidfans

Beijing Daxing International Airport adalah bandara yang berlokasi pada perbatasan Beijing dengan Langfang. Tempat ini mempunyai bentuk unik, kalau dipandang berdasarkan atas terlihat misalnya pesawat luar angkasa.

Didesain oleh arsitek ternama berdasarkan Inggris, yg memang punya gaya arsitektur spesial . Selain bentuknya, keistimewaan lainnya merupakan airport ini adalah calon bandara internasional kedua pada Beijing.

Akan Menjadi Bandara Internasional Terbesar Dunia

Akan Menjadi Bandara Terbesar Dunia via Instagram @cgtn
Akan Menjadi Bandara Terbesar Dunia via Instagram @cgtn

Kalau telah sepenuhnya jadi, Beijing Daxing International Airport diyakini menjadi bandara terluas di dunia. Sebab punya terminal menggunakan luas kurang lebih 700 ribuan meter persegi, tujuh landasan pacu, & 268 loka parkir pesawat.

Keadaan Sekitar Bandara via Instagram @therapidfans
Keadaan Sekitar Bandara via Instagram @therapidfans

Landasan pacu tadi nantinya direncakan dapat menampung lebih kurang 100 juta penumpang per tahun. Serta akan menampung kira-kira 620 ribuan penerbangan. Bahkan saking besarnya, jumlah pekerjanya sampai 40 ribuan orang. Jumlah tadi setara dengan kapasitas pada Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport, bandara terbesar di global.

Rencana Debut September 2019

Detail Atap Bagian Dalam Mengagumkan via Instagram @zahahadidarchitects
Detail Atap Bagian Dalam Mengagumkan via Instagram @zahahadidarchitects

Nama Beijing Daxing International Airport sudah diumumkan pada publik semenjak September 2018. Namun baru akan beroperasi sekitar September 2019. Banyak bagian dari bandara ini yang telah jadi, hanya tinggal penyempurnaan pada beberapa bagian. Bahkan foto-foto bagian pada bandara pun telah terdapat yang beredar pada media umum.

Pembanguan Telah Dimulai Sejak 2014

Proses Pembanguan Bandara Telah Dimulai 2104 via Instagram @nk7
Proses Pembanguan Bandara Telah Dimulai 2104 via Instagram @nk7

Pembangunan Beijing Daxing International Airport sudah dimulai semenjak tahun 2014. Konstruksi bandara menggunakan bentuk serupa pesawat luar angkasa ini hingga menghabiskan porto lebih kurang USD12 jutaan atau sekitar Rp169 triliun.

Daxing akan sebagai bandara internasional kedua pada Beijing, sehingga akan dilakukan pemindahan beberapa maskapai. Seperti China Southern, China Eastern, Beijing Capital Airlines, dan China United Airlines. Relokasi tadi rencananya dimulai akhir tahun 2019 sampai 2021.

Tiongkok memang selalu punya cara menciptakan kagum dengan desain arsitekturnya yg unik, ya. Kalau liburan ke sini akhir tahun depan, sanggup jadi landing pada bandara baru ini. Bagaimana pingin ke sana?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter