-->

Berkunjung ke Sigiriya Sri Lanka Bekas Kompleks Istana dan Biara Kuno yang Berbentuk Singa

Sri Lanka memiliki sebuah destinasi wisata terkenal bernama Sigiriya, yg berarti “Lion Rock”. Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah sebuah loka tinggal yg berada pada dataran tinggi berbatu.

Wisata Sri Lanka satu ini, syahdan menjadi keliru satu contoh arsitektur antik yg menakjubkan. Mengapa bisa begitu? Lalu, terdapat apa saja di Sigiriya? Informasi selengkapnya ada pada ulasan berikut.

Bebatuan Berbentuk Singa

Bangunan Berbentuk Singa via Instagram @crystalhefner
Bangunan Berbentuk Singa via Instagram @crystalhefner

Sigiriya berakar berdasarkan kata Sihagri, yg secara harfiah berarti “Lion Rock”. Nama tersebut tercermin dari bebatuan ini yg berbentuk singa raksasa. Kini yang masih sanggup disaksikan hanya kakinya, menjadi gerbang masuk. Sayangnya, permukaan tempat ini sudah musnah termakan usia.

Berada di Dataran Tinggi Berbatu via Instagram @natgeoit
Berada pada Dataran Tinggi Berbatu via Instagram @natgeoit

Selain istana & biara, pada dalam kompleks masih ada kebunair, gua, taman batu, dan taman bertingkat. Dilengkapi juga menggunakan sistempengairan hidrolik terdiri berdasarkan kanal, pintu air, danau, bendungan, jembatan,air mancur, bahkan pompa bawah tanah. Sebuah arsitektur kuno yg menakjubkan.

Dibangun Pada Abad ke-3 SM

Dibangun Abad ke-3 SM via Instagram @thibaultxriviere
Dibangun Abad ke-3 SM via Instagram @thibaultxriviere

Sigiriya di Sri Lanka adalah sebuah kompleks biara yang dibangun dalam abad ke-3 SM. Kemudian, pada abad ke-lima, seseorang raja bernama Kasyapa tetapkan buat membangun kediaman di area ini.

Dikelilingi Hutan via Instagram @miss_luzvy
Dikelilingi Hutan via Instagram @miss_luzvy

Setelah kematian sang raja, Sigiriya berubah pulang sebagai biara Buddha. Tetapi, sejak abad ke-14, area ini ditinggalkan dan sebagai terbengkalai.

Berada di Atas Ketinggian 370 Mdpl

Berada di Ketinggian 370 Mdpl via Instagram @travaling_vibes
Berada pada Ketinggian 370 Mdpl via Instagram @travaling_vibes

Keunikan lain Sigiriya Sri Lanka merupakan lokasinya ygberada 370 meter pada atas permukaan bahari. Selain itu, kompleks tersebut dibangundi atas satu butir dataran tinggi berbatu raksasa, setinggi lebih kurang 200meter. Bebatuan tadi terbuat menurut muntahan lava gunung yg sudah punah.

Terdapat Mirror Wall

Salah Satu Sudutnya Ada Mirror Wall via Instagram @aniapakulska_wakegirl
Salah Satu Sudutnya Ada Mirror Wall via Instagram @aniapakulska_wakegirl

Atraksi menarik lain di Sigiriya Sri Lanka adalah Mirror Wall. Dahulu, salah satu spot dinding batu dipoles sedemikian rupa sampai mengilap. Sehingga sang raja bisa bercermin.

Mirror Wall jua cukup terkenal di kalangan para pengunjungnya, bahkan semenjak masih menjadi biara. Terlihat berdasarkan prasasti dan puisi protesis mereka pada dinding tersebut. Prasasti tertuanya dari berdasarkan kira-kira abad ke-8.

Destinasi Wisata Populer di Sri Lanka

Gerbang Kaki Singa via Instagram @bornfreeceylon
Gerbang Kaki Singa via Instagram @bornfreeceylon

Destinasi wisata terkenal yg jua sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO ini berlokasi di tempat bernama Sigiriya. Mengingat posisinya yang berada di zenit dataran tinggi berbatu, pelancong harus mendaki menuju kompleks ini selama lebih kurang 15 sampai 20 mnt.

Menyusuri Sigiriya via Instagram @gabrielrojasphotography
Menyusuri Sigiriya via Instagram @gabrielrojasphotography

Sigiriya bisa dicapai dari Polonnaruwa, sebuah kota kuno pada Sri Lanka. Memakan ketika lebih kurang 1 jam perjalanan. Teman Traveler siapkan porto tiket kira-kira Rp420 ribuan.

Seperti itulah gambaran kompleks istana batu berbentuksinga. Jangan lewatkan kesempatan berfoto di gerbang, yang terlihat kakisinganya. Teman Traveler mau liburan ke sini?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter