-->

Catat Teman Traveler Inilah Destinasi Wisata Toraja yang Asyik Dikunjungi

Berencana liburan ke Toraja, tapi masih galau hendak berkunjung ke mana? Kawasan pada Sulawesi Selatan ini memang punya banyak destinasi apik, jadi tidak heran bila kalian pusing menentukan pilihan. Agar Teman Traveler tidak repot-repot mencari, berikut adalah daftar lima destinasi wisata Toraja yg asyik untuk dikunjungi. Yuk, kita simak ulasannya bersama-sama.

Lolai ‘Negeri diatas Awan’ Tana Toraja

Pemandangan di Lolai (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Kampung Lolai terletak di Kecamatan Kapapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Puncaknya berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan air laut. Inilah yg membuat Lolai kerap menerima julukan ‘Negeri pada atas Awan‘. Di sini Teman Traveler sanggup menikmati panorama alam latif menggunakan bergaul hamparan awan pagi hari.

Matahari terbit pada Lolai (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Gambar di atas adalah salah satu bukti panorama latif di kawasan Lolai. Selain melihat hamparan awan menurut jeda dekat, di sini Teman Traveler pula sanggup indahnya pemandangan mentari terbit alias sunrise. Bisa dibayangkan pasti sangat asyik berada pada tempat ini. Dijamin gak bakal sanggup move on.

Deretan rumah norma khas Toraja (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Lantaran sederet keindahan tadi, Kampong Lolai nir pernah sepi berdasarkan wisatawan. Apabila berkesempatan mengunjungi Toraja, Teman Traveler harus tiba ke sini.

Kete Kesu

Berfoto di Kete Kesu (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Destinasi wisata Toraja asyik selanjutnya yg harus Teman Traveler kunjungi merupakan Kete Kesu. Desa ini berada di Kampung Bonoran, Kelurahan Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalangi, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Untuk menuju sini kalian hanya perlu menempuh bepergian sekitar lima km menurut Rantepao atau 14 km dari Makale.

Begitu hingga pada Kete Kesu, Teman Traveler sanggup melihat barisan Tongkonan, tempat tinggal istiadat spesial Toraja yang usianya telah mencapai lebih menurut 300 tahun. Keren banget kan Teman Traveler? Meski sudah melalui perubahan zaman sampai tiga abad, barisan Tongkonan pada sini masih kokoh berdiri.

Tengkorak manusia di Kete Kesu (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Tak hanya itu Teman Traveler, dinding-dinding Tongkonan pula dihiasi goresan dan tanduk kerbau yang mewakili status pemilik rumah. Semakin poly dan tinggi tanduk kerbau yang dipajang, meningkat pula status sosial oleh pemilik.

Di belakang Tongkonan kalian sanggup melihat menhir (batu tunggal), bagian menurut situs pemakaman antik berusia lebih dari 700 tahun. Bukit berbatu ini mempunyai sebaran tengkorak & tulang insan. Meski sedikit ngeri, akan tetapi cukup menarik ya Teman Traveler.

Buntu Burake

Berfoto pada lebih kurang Buntu Burake (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Buntu Burake merupakan destinasi wisata religi di Tana Toraja. Di sini Teman Traveler akan mendapati patung Yesus dengan tinggi 40 meter. Berdiri kokoh di atas bukit, mirip misalnya monumen serupa di Gunung Corcovada, Rio de Janiero, Brasil. Luar biasa bukan?

Kerennya lagi, Patung Yesus di Tana Toraja ini adalah tertinggi kedua di global selesainya Patung Kristus Raja pada Polandia, dengan tinggi mencapai 52,5 meter.  Wah, mantap bukan Teman Traveler? Tak perlu jauh-jauh ke Polandia atau Brasil, kalian telah mampu menyaksikan monumen yg tidak kalah megahnya di Toraja.

Berfoto pada anjungan kaca (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Selain menjadi menjadi destinasi wisata religi, Buntu Burake pula menyuguhkan pemandangan alam indah lho. Di sini Teman Traveler bisa melihat panorama alami memanjakan mata dari ketinggian. Cocok banget buat kalian senang narsis atau selfie, dijamin output fotonya keren-keren.

Itulah beberapa destinasi wisata Toraja asyik yg harus Teman Traveler kunjungi. Jangan lupa mampir bila kalian sempat singgah di Sulawesi Selatan, dijamin bakalan betah.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter