-->

Mengagumi Surga Bawah Laut Pulau Kodingareng Keke di Makassar

Jika memikirkan soal Makassar, kebanyakan orang umumnya teringat soal Pantai Losari, Coto Makassar, & Pisang Epe. Padahal Kota Daeng memiliki poly pesona menarik lho. Salah satunya, kalian mampu mengunjungi Pulau Kodingareng Keke & Pulau Samalona.

Teman Traveler mampu bermain pada hamparan pasir putih sekitar pantai atau menyelam buat menyapa eksklusif ikan nemo serta perpaduan terumbu karang indah. Penasaran?

Perjalanan Singkat Menuju Pulau

Spot Atlantis pada Pulau Kodingareng Keke (c) Muhammad Saaddudin Tenripada/Travelingyuk

Perjalanan menuju ke 2 pulau tadi tidak memakan saat lama . Berkisar antara 15-20 menit ke Pulau Samalona & kurang lebih 30-45 menit menuju Pulau Kodingareng Keke.

Teman Traveler bisa menyeberang menggunakan speed boat atau biasa dianggap masyarakat lebih kurang sebagai sekoci. Kapal ini mampu menampung aporisma 10 orang, dengan mesin 40pk. Biasanya aku menyewa sekoci ini pada kurang lebih Dermaga Kayu Bangkoa atau pada depan Benteng Rotterdam.

Siapkan Peralatan Menyelam

Pemandangan pada Spot Atlantis (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Mungkin banyak pada antara Teman Traveler penasaran, lantas bagaimana apabila ingin mencoba menyelam? Jika berkunjung ke Samalona, kalian akan menemukan banyak penyewaan peralatan snorkeling menggunakan harga terjangkau. Saya sendiri lebih senang diving karena lebih puas cita rasanya, hehe.

Bagi yg ingin menjajal menyelam buat mengagumi indahnya nirwana bahwa bahari di sekitar Samalona maupun Kodingareng Keke, mampu menyewa scuba dive & tank. Biayanya masing-masing sekitar Rp250.000 dan Rp50.000.

Kalian bisa menyewa di sekitar pulau. Tergantung servis masing-masing vendor, peralatan tersebut sanggup diambil sendiri atau kadang terdapat juga yang pribadi diantar ke dermaga. Teman Traveler juga mampu meminta bantuan perwakilan jasa rental untuk sebagai diving guide.

Menjelajah Atlantis pada Kodingareng Keke

Biota laut latif (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Sebelum berangkat, saya umumnya sarapan atau membeli snack dan kebutuhan lain terlebih dahulu di dermaga. Setelah seluruh peserta terkumpul & siap, barulah rombongan berangkat. Pulau Kodingareng Keke menjadi tujuan pertama lantaran jaraknya paling jauh. Hal ini akan memudahkan waktu pulang nanti dan kapal jua bisa singgah ke Pulau Samalona buat makan siang.

Selama perjalanan umumnya aku mulai mempersiapkan peralatan menyelam agar sanggup pribadi byur begitu hingga pada lokasi. Tidak membutuhkan ketika usang kok, relatif memasang BCD dan regulator ke tank serta memakai wetsuit agar tak kedinginan di bawah air.

Spot pertama yg kami sambangi merupakan Atlantis Garden. Setelah briefing singkat & berdoa demi keselamatan, aku & rombongan eksklusif melakukan back roll.

Di bawah bahari, Teman Traveler bisa melihat beberapa benda unik seperti bangkai mobil vw combi dan beberapa patung ukuran lumayan besar . Kedalaman Spot Atlantis bisa mencapai 22 meter saat pasang dan 14 meter bila tengah surut. Di sini kalian juga bisa melihat gorong-gorong yg dipakai buat transplantasi terumbu karang.

Menyapa Hewan-hewan Laut

Nudibranchia (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Setelah puas berfoto pada sekitar patung, aku dan rombongan melakukan safety stop pada kedalaman 8-3 meter, antara 10-15 mnt. Meski relatif lama , sama sekali tidak membosankan. Teman Traveler sanggup melihat terumbu karang dan ikan-ikan mungil rona-warni. Ada jua hewan mikro seperti nudibranch & masih banyak lagi.

Para penggila foto makro dijamin kegirangan bila berjumpa nudhibrahcia. Sebab hewan bertubuh ekstra kecil ini sangat indah saat dijepret kamera. Panjangnya hanya lebih kurang tiga sentimenter & ini pun sudah termasuk berukuran akbar. Cukup sulit mencarinya pada bawah bahari, namun akan lebih gampang jika Teman Traveler telah terbiasa diving.

Clown fish (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Bagi yg ingin mencari clown fish alias ikan nemo, cobalah berenang di sekitar tumbuhan anemon. Biasanya clown fish senang berenang pada tempat tadi.

Nama Nemo sendiri diambil menurut tokoh film animasi terkenal garapan Pixar. Namun apapun sebutannya, ikan ini memang kelihatan lucu & menggemaskan. Perlu Teman Traveler ingat, jangan hingga menyentuh sarangnya karena mengandung nematocit atau racun. Meski tidak berbahaya, mampu menyebabkan gatal-gatal.

Itulah sedikit ulasan mengenai serunya mengagumi surga bawah bahari pada Spot Atlantis sekitar Pulau Kodingareng Keke, Makassar. Bagaimana Teman Traveler? Langsung taksabar datang ke sini, kan?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter