-->

Kuliner Bernama Sampah di Indonesia Enak dan Tak Sejorok yang Dibayangkan

Saat pertama kali mendengar hal-hal yang berkaitan dengan “sampah” tentu saja kita akan eksklusif berpikiran tentang sesuatu yang jorok & pula kotor. Namun kenyataanya tidak demikian. Ada beberapa kuliner di Tanah Air yang mempunyai nama yang mengusung “sampah” ternyata memiliki banyak pelanggan dan penggemar. Di mana sajakah masakan bernama sampah di Indonesia ini?

Soto Sampah, Jogja

Soto Sampah, via Instagram/myfoodfairytales
Soto Sampah, via Instagram/myfoodfairytales

Soto Sampah adalah salah satu pilihan kuliner populer pada Jogja. Bahkan, bukan satu atau 2 hari saja berdiri, tempat ini sudah dirintis semenjak 1967. Usut punya usut, dinamakan Soto Sampah karena tersaji secara acak acakan dengan berbagai campuran bahan pada dalamnya. Sebut saja irisan Kolonel yg semrawut, toge, pula bihun.

Ditambah lagi menggunakan tambahan seperti halnya tempe, gorengan, sate usus, telur atau lauk lainnya yg bikin tampilannya makin semrawut. Tapi damai saja, soal rasa tak perlu dipertanyakan. Menyegarkan dan murah meriah.

Soto Sampah ini berada di depan sebelah utara Tugu Jogja, tepatnya di depan SPBU Kranggan, Jogja. Harganya mulai Rp2.000-Rp10.000. Ada cabang lainya di Alun-alun Utara pada dekat Kraton Jogja. Sambangi yang paling dekat apabila tidak punya banyak saat.

Sego Resek, Malang

Sego Resek, via Instagram/arif_thole
Sego Resek, via Instagram/arif_thole

Kuliner bernama sampah pada Indonesia lainnya terdapat di ke Malang. Namanya Sego Resek yg pada bahasa Indonesia mempunyai arti Nasi Sampah. Meski memiliki nama yang tak biasa, tempat ini begitu ramai dikunjungi. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1959 & mengambil lokasi pada sekitaran pembuangan sampah.

Nama Sego Resek sendiri ternyata dari menurut tempatnya yg berada tidak jauh dari pembungan sampah atau resek. Di sini menyajikan nasi goreng menggunakan berbagai isian yang menggiurkan. Ada taoge, mi, Kolonel, & juga suwiran ayam. Lauknya yang mampu dipilh sendiri, ada jeroan dan sayap ayam. Porsinya jua cukup akbar.

Warungnya berada di Jl. Brigjen Katamso, di depan perempatan lampu merah ke arah wilayah Kasin. Datang saja mulai berdasarkan 17:30 sampai 22:00 WIB. Harganya pula terjangkau, mulai menurut Rp8.000 hingga menggunakan Rp11.000 saja.

Bakso Comberan, Depok

Bakso Comberan, via Instagram/jajanbakso
Bakso Comberan, via Instagram/jajanbakso

Di Depok terdapat yang namanya Bakso Comberan. Warna kuahnya keruh seperti menggunakan comberan, ditambah lagi dengan tambahan tulang ayam. Bakso Comberan ini juga dianggap sebagai Bakso Sampah. Meskipun terlihat acak-acakan, tetapi pelanggannya banyak lho. Bahkan orang-orang dari luar kota datang hanya ingin merasakan satu mangkuk bakso di sini.

Kuliner bernama sampah di Indonesia satu ini berada pada Jl. Walet, Beji, Depok, Jawa Barat. Bukanya mulai dari 09:00 sampai 20:00 WIB. Khusus Jumat, hanya hingga pukul 14:00 WIB. Harganya juga begitu terjangkau, kamu bisa mencicipinya dengan harga Rp12.000 saja.

Wedang Sampah, Kudus

Wedang Sampah, via Instagram/takashimura_kudus
Wedang Sampah, via Instagram/takashimura_kudus

Selanjutnya ada yg namanya Wedang Uwuh atau yg diklaim pula menggunakan Wedang Sampah. Minuman ini dinamakan demikian karena bahan-bahan yang digunakan adalah gugusan dedaunan & rempah-rempah yg sekilas mirip dengan sampah. Ada daun cengkeh, kayu anggun, daun pala, kayu secang, jahe & menggunakan gula.

Ini adalah minuman yang dari menurut Jawa Tengah & tersebar pada poly tempat. Di Kudus juga ada poly. Salah satunya berada pada Takashimura Roti Bakar dan Susu Segar. Berada di Jl. Hos Cokroaminoto, Mlati Norowito, Mlati Lor, Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah lima. Ini juga tersedia di banyak loka, Jogja termasuk di dalamnya.

Memang namanya terdengar jorok ya Teman Traveler, akan tetapi selesainya engkau mencobanya, bisa-sanggup malah ketagihan. Benar istilah pepatah, jangan menilai buku berdasarkan sampulnya, pun demikian dengan kuline-kuliner ini. Bagaimana, tertarik mencoba masakan bernama sampah pada Indonesia ini?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter