-->

Kuliner Nama Binatang yang Tak Lazim Dikonsumsi Apa Saja Ya?

Indonesia mempunyai majemuk kuliner spesial yang tersebar pada banyak sekali Nusantara. Hampir setiap wilayah pada Indonesia memiliki masakan yang mengusung ciri khas masing-masing. Rasanya pula majemuk, tetapi kebanyakan kuliner Indonesia memiliki cita rasa yang enak. Ada beberapa yang memiliki nama unik & tidak biasa. Inilah masakan nama hewan yg tidak lazim dikonsumsi di Indonesia.

Tengkleng Gajah, Jogja

Tengkleng Gajah, via Instagram/bubueataway
Tengkleng Gajah, via Instagram/bubueataway

Tengkleng Gajah merupakan keliru satu kuliner yg terdapat pada Jogja. Bukan menurut gajah, melainkan dari tulang sapi yg terdapat dagingnya. Rasanya begitu lezat & mantap, bumbunya kaya & meresap hingga dalam.

Alamat Tengkleng Gajah berada pada Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman pada Jl. Kaliurang Km. 9.Tiga, Jogjakarta. Harganya, satu porsi tengkleng gajah Rp39.000. Dan warta baiknya, Tengkleng Gajah ini telah ada pada Bandung lho.

Roti Buaya, Betawi

Roti Buaya, via Instagram/duo_nyamnyam
Roti Buaya, via Instagram/duo_nyamnyam

Kuliner selanjutnya merupakan Roti Buaya yg adalah kudapan manis khas Betawi. Ini merupakan roti anggun yang mempunyai bentuk buaya, awalnya ukuran akbar kini telah poly yang mini . Biasanya, roti buaya ini hadir dalam upacara pernikahan tradisional Betawi. Tetapi sekarang ini sudah bebas dikonsumsi kapan saja. Bahkan, varian cita rasanya pula makin beragam.

Bakso Buaya, Jakarta

Bakso Buaya, via Instagram/lezatnikmat
Bakso Buaya, via Instagram/lezatnikmat

Kuliner nama binatang yg sempat viral adalah bakso buaya. Daging yg digunakan bukan daging buaya ya, hanya nama & bentuknya saja. Ini masuk dalam galat satu hidangan yg ditawarkan oleh Bakso Rusuk Joss. Alamatnya berada di Jl. Pejagalan I No. 12, Jakarta Barat. Jam bukanya mulai dari pukul 10:00 hingga 22:00 WIB. Untuk harganya, lebih kurang Rp40.000-an buat bakso buaya.

Nasi Kucing, Jogja

Nasi Kucing, via Instagram/gagaldiett
Nasi Kucing, via Instagram/gagaldiett

Nasi kucing merupakan masakan kondang di aneka macam tempat. Tetapi yg paling poly ada di Jogja. Bukan daging kucing, dianggap demikian lantaran porsinya mini , cocok buat fauna mamalia ini. Biasanya, dalam satu porsi nasi kucing akan terdapat nasi, sambal, sayuran & ikan teri atau telur. Sederhana namun poly diburu. Biasanya satu porsi tidak relatif karena porsinya yg kecil.

Sate Lalat, Pamekasan

Sate Lalat, via Instagram/phoodandphoto
Sate Lalat, via Instagram/phoodandphoto

Sate Laler atau ada yg menyebutnya menjadi Sate Lalat merupakan masakan Pamekasan yg enak juga. Sate lalat ini hanya sebutan saja ya Teman Traveler, karena rabat dagingnya yg kecil-mungil. Ini merupakan sate ayam dalam umumnya tetapi ukurannya kecil yang nanti dipadukan dengan saus kacang kental. Rasa masakan nama binatang ini Mantap & rasanya sahih-sahih kampiun.

Sate Kalong, Cirebon

Sate Kalong, via Instagram/aboutcirebonid
Sate Kalong, via Instagram/aboutcirebonid

Kuliner nama binatang lainnya merupakan Sate Kalong di Cirebon. Terkesan menyeramkan, namun tidak perlu khawatir ya. Tidak terdapat daging kalong atau kelelawar yang dipakai. Bahan primer buat menciptakan kuliner ini merupakan daging sapi atau kerbau yang dipadukan dengan aneka bumbu & rempah tradisional.

Untuk penamaanya, ternyata saat pertama kali muncul sat ini djual dalam malam hari dan itulah yg membuatnya diberi nama kalong yg aktif berkiprah di malam hari.

Terbukti kan jika masyarakat Indonesia sangat kreatif & inovastif. Kira-kira masakan nama fauna tak lazim apa lagi ya, yg belum masuk dalam daftar?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter