-->

Kupat Tahu Batoar Legendaris di Temanggung Rekomendasi Kuliner Wajib saat Berkunjung

Temanggung memiliki banyak masakan lezat . Ada bakso uleg, nasi goreng dengan adonan mbako, tidak ketinggalan juga kupat memahami. Sebenarnya, kupat memahami terdapat di beberapa wilayah pada Indonesia, tetapi keliru satu paling terkenal berasal dari Temanggung. Ada yg relatif direkomendasikan, yakni Kupat Tahu Batoar. Seenak apa, ya?

Kupat Tahu Batoar yg Sudah Ada Selama 66 Tahun

Salah satu kupat tahu yang paling dicari, via Instagram/menorehaslitemanggung
Salah satu kupat tahu yang paling dicari, via Instagram/menorehaslitemanggung

Kupat Tahu Batoar ini adalah salah satu sesepuh masakan yg ada di Temanggung, Jawa Tengah. Keberadaanya sudah menemani kelana rasa semenjak 66 tahun yg lalu. Diberi nama “Batoar” lantaran loka ini berada di samping RPH (Rumah Pemotongan Hewan) Abatoir. Jadilah untuk mempermudah penyebutannya dipanggil dengan Kupat Tahu Batoar.

Seporsi kenikmatan yang menggiurkan, via Instagram/tahufix
Seporsi kenikmatan yang menggiurkan, via Instagram/tahufix

Saat ini, bisnis kuliner satu ini sudah dikelola generasi ketiga. Ternyata, dahulu perintisnya pertama kali berjualan menggunakan cara berkeliling. Lantaran citarasanya yg nikmat, maka semakin poly pelanggan yg tiba & akhirnya membuka warung misalnya sekarang.

Pembeda Kupat Tahu Batoar menggunakan yang Lainnya

Rekomended dicoba saat berkunjung ke Temanggung, via Instagram/fitriuphiet_kedu
Rekomended dicoba saat berkunjung ke Temanggung, via Instagram/fitriuphiet_kedu

Sekilas, kupat tahu di tempat ini tidak jauh tidak sinkron menggunakan yang berada di tempat lainnya. Satu porsinya akan ada, akan ada irisan ketupat, kecambah, kubis, irisan bakwan, memahami goreng yang dipotong-potong, & sambal kacang. Namun waktu dicicipi, akan terasa perbedaannya. Terutama terletak pada bahan standar yg dipakai & racikan sambal kacangnya.

Menu yang bikin tergoda untuk mencoba, via Instagram/jajantemanggung
Menu yang bikin tergoda buat mencoba, via Instagram/jajantemanggung

Bumbu kacangnya terbuat berdasarkan bahan-bahan segar. Yaitu kacang goreng, bawang merah, bawang putih, cabai merah, air asam jawa & bawang merah goreng. Teksturnya lebih kental berdasarkan yang masih ada di loka lain.

Salah satu karakteristik pembeda kupat memahami pada Temanggung dengan yg lainnya merupakan Kolonel yg tersaji secara mentah dan irisan bakwan. Cocok sekali buat santapan siang.

Alamat Kupat Tahu Batoar pada Temanggung

Lokasi Kupat Tahu Batoar, via Instagram/jajantemanggung
Lokasi Kupat Tahu Batoar, via Instagram/jajantemanggung

Saat jalan-jalan di Temanggung & ingin merasakan hidangan ini, segera datang saja ke Jl. Gilingsari, Pandean, Temanggung. Berjarak sekitar 50 meter berdasarkan Alun-alun Temanggung. Lokasinya berada sempurna sebelum jembatan Gilingsari belok kiri, pada kurang lebih situ akan ada warung menggunakan berukuran mini tetapi ramai menggunakan tunggangan yang parkir. Buka mulai menurut jam 08:00 sampai 19:00 WIB.

Taoge yang menggunung, via Instagram/jajantemanggung
Taoge yang menggunung, via Instagram/jajantemanggung

Untuk bisa menikmati seporsi kupat tahu pada tempat makan Temanggung ini, kamu hanya perlu merogoh uang sebanyak Rp10.000. Harga yang sangat terjangkau buat mendapatkan kuliner legendaris, ya Teman Traveler.

Jelajah Temanggung, Kupat Tahu Batoar ini sebagai galat satu yang perlu untuk dimasukkan ke pada list kuliner buat dicicipi. Jalan-jalan tanpa kulineran tentunya akan sangat kurang lengkap. Setuju, kan Teman Traveler?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter